Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Terlengkap

Surat Permohonan Bantuan Dana - Dalam pelaksanaan suatu acara atau kegiatan tertentu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran pelaksanaan acara atau kegiatan tersebut. Salah satu faktor yang biasanya sering menjadi kendala adalah masalah yang berkaitan dengan finansial atau sumber dana. Untuk mengatasi masalah sumber dana ini dapat dilakukan dengan iuran antaranggota. Namun bagaimana jika kegiatan yang dilaksanakan membutuhkan dana yang cukup besar dan tidak dapat dipenuhi oleh para anggotanya? Mungkin salah satu solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan memohon bantuan pada pihak-pihak tertentu yang mempunyai kekuatan finansial yang besar untuk menyumbangkan sejumlah dana yang mereka miliki guna mendukung kelancaran acara atau kegiatan yang akan kita laksanakan. Lalu bagaimana caranya untuk meminta bantuan dana tersebut? Sudah pasti ada prosedur-prosedur yang harus dilakukan. Salah satu langkah yang akan menjadi topik pembahasan kita kali ini adalah dengan membuat Surat Permohonan Bantuan Dana.

Surat Permohonan Bantuan Dana adalah salah satu jenis surat resmi yang dibuat oleh seseorang, kelompok, atau suatu organisasi yang ditujukan kepada seseorang, lembaga, atau instansi tertentu yang tujuannya adalah memohon bantuan untuk menyumbangkan sejumlah dana yang nantinya akan digunakan untuk membantu pelaksanaan kegiatan atau sebagai salah satu sumber dana dari kegiatan yang diselenggarakan oleh seseorang atau kelompok tersebut. Atau bisa juga diibaratkan bahwa pihak tersebut menjadi semacam sponsor untuk membantu membiayai pelaksanaan kegiatan yang akan kita laksanakan.
Dalam Surat Permohonan Bantuan Dana ini biasanya juga disertakan suatu proposal bantuan dana yang isinya adalah mengenai rincian dana kegiatan serta jumlah dana yang dibutuhkan untuk mencukupi biaya pelaksanaan kegiatan tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah Surat Permohonan Bantuan Dana ini antara lain :

  • Menyebutkan secara jelas puhak yang akan dimintai bantuan dana.
  • Menyebutkan nama organisasi atau susunan kepanitiaan yang akan melaksanakan suatu kegiatan tersebut.
  • Menerangkan tujuan permohonan dana dan menjelaskan untuk apa dana tersebut akan dipergunakan nantinya.
  • Sebutkan juga nominal dana bantuan yang diperlukan apabila memang memungkinkan.
  • Menjelaskan bagaimana teknis dari pemberian dana tersebut, apakah harus secara langsung diberikan kepada pihak yang bersangkutan atau dapat menggunakan media transfer dari rekening bank.
  • Menyebutkan siapa-siapa saja orang yang dapat diserahi bantuan dana tersebut.
Karena termasuk salah satu surat resmi, maka dalam penyusunan Surat Permohonan Bantuan Dana ini juga harus memperhatikan sistematika serta kaidah-kaidah dalam penulisan surat resmi. Secara umum, sistematika dalam penulisan Surat Permohonan Bantuan Dana adalah sebagai berikut :

  1. Mencantumkan kops surat.
  2. Mencantumkan waktu pembuatan surat, nomor surat, perihal, dan lampiran(jika ada).
  3. Isi surat. Dijelaskan dengan baik dan rinci.
  4. Ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar(baku). Dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar maka akan menimbulkan kesan yang lebih sopan serta lebih menghormati pihak terkait.
  5. Menyebutkan tujuan penggunaan dana yang dimohon. Hal ini dimaksudkan agar si calon penyumbang dana yakin bahwa dana yang akan dikeluarkan tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
  6. Mencantumkan penanggung jawab kegiatan. Untuk lebih meyakinkan para calon penyumbang dana.
  7. Tata cara pemberian bantuan yang diinginkan.
  8. Ucapan terima kasih.
  9. Tanda tangan dan stempel resmi(jika perlu).

Dalam artikel yang saya buat kali ini saya akan memberikan beberapa Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana agar dapat menjadi referensi bagi para pembaca sekalian. 

Berikut beberapa contohnya :

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana untuk Sosial (Bencana Alam) / Sumbangan

KOP SURAT
=======================================================
Riau, ..... Oktober 2015
No : .................
Hal : Permohonan Bantuan Dana Korban Kabut Asap
Lampiran : .................
Yang terhormat,
Bapak/Ibu Warga Perumahan Enak Tenan
di tempat


Dengan hormat,
Mengingat banyaknya saudara kita yang terkena dampak akibat musibah kabut asap, maka izinkanlah kami selaku .................(nama organisasi) mengharapkan bantuan dan partisipasi seluruh warga dari Perumahan Enak Tenan khususnya, untuk membantu meringankan beban yang dialami oleh saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana kabut asap.
Kami berharap Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan memberikan bantuan berupa dana seikhlasnya.  Hasil sumbangan yang telah terkumpul akan segera kami salurkan langsung kepada korban bencana kabut asap di .................(tempat tujuan penyaluran).
Demikian surat permohonan yang kami buat, semoga dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian untuk membantu saudara kita. Sedikit bantuan yang kita berikan tentu sangat berarti buat mereka. Atas bantuan dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya.


Ketua Karang Taruna RW 01 Pemuda Pemudi,


Joko Riyono

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pembangunan

KOP SURAT
=======================================================


Nomor : 20/X/2015

Lampiran : 1 Bendel Proposal

Perihal : Permohonan Bantuan Dana



Yang Terhormat,

Bapak/Ibu ........

(instansi tujuan)

di tempat




Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera kami sampaikan. Semoga kita senantiasa dalam naungan perlindungan Allah SWT dan senantiasa mendapatkan limpahan rizqi dan karunia dari-Nya, amin.


Sehubungan dengan rencana pembangunan Musholla ................. kami selaku panitia pelaksana memperkirakan bahwa pembangunan tersebut akan menghabiskan dana sekitar Rp. 125.000.000,00 (seratus dua puluh lima juta rupiah).

Maka dengan ini kami memohon kepada Bapak/Ibu agar berkenan memberikan bantuan dana seikhlasnya.

Pemberian bantuan dana dapat diserahkan kepada :


1. Khorifun(ketua panitia)

2. Amri Shofwan(wakil)

3. Siti Marfu’ah(bendahara)



Demikian surat permhonan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.



Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh...




Ngemplak, 20 Oktober 2015

Panitia Pembangunan Musholla



................. 



(nama ketua panitia)

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMK N 1 REMBANG
Jalan Gajahmada 1 Rembang
=======================================================
Nomor  : 020/OSIS/SMKN1Rbg/X/2015
Lampiran : 1 Rangkap Proposal
Perihal  : Permohonan Bantuan Dana
Yang Terhormat,
Bapak Kepala SMK N 1 Rembang
Di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Teriring salam dan doa kami sampaikan. Semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT, dan senantiasa diberikan kesehatan serta rahmat oleh-Nya.
Dalam rangka berakhirnya OSIS Masa Bhakti 2014-2015, maka kami bermaksud mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan(LDK) dan Musyawarah Besar (MUBES) tahun 2015-2016 dengan tujuan menyerahterimakan kepercayaan atau tugas untuk mengelola OSIS kepada pengurus OSIS Masa Bhakti 2015-2016 dan memberikan bekal kepemimpinan bagi para calon pengurus OSIS. Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari         : Sabtu-Minggu
Tanggal   : 24-25 Oktober 2015
Waktu     : 15.00 WIB s/d Selesai
Tempat    : Aula SMK N 1 Rembang
Maka dengan ini kami atas nama panitia LDK dan MUBES bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan dana sebesar Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) yang akan digunakan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, adapun rencana kegiatan dan anggaran dana terlampir pada proposal.
Demikian permohonan ini kami buat dan kami ajukan. Atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Rembang, 20 Oktober 2015
Ketua Pelaksana    Sekretaris


Beni Santoso Joko Riyono
Mengetahui :
Pembina OSIS


Drs. Heri Susetyo

Contoh Surat Pengajuan Dana Ke Perusahaan


Contoh Surat Pengajuan Dana Ke Perusahaan
Contoh Surat Pengajuan Dana Ke Perusahaan

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan
Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pengobatan

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pengobatan
Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pengobatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel