Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah, Bank dan KPR

Apa kabar sahabat-sahabat reader sekalian? Semoga selalu dalam keadaan yang luar biasa. Kali kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai dunia surat-menyurat. Jika pada artikel lain telah saya sampaikan sedikit informasi mengenai Surat Pengalaman Kerja, pada artikel kali ini saya akan membagi beberapa informasi mengenai Surat Keterangan Kerja. Lalu apa kaitannya antara Surat Pengalaman Kerja dengan Surat Keterangan Kerja? Atau apa perbedaan antara kedua surat tersebut? Sebenarnya antara Surat Keterangan Kerja dengan Surat Pengalaman Kerja ini hampir sama. Atau dengan kata lain tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua surat ini. Namun pada artikel kali ini saya akan mencoba memisahkan antara Surat Pengalaman Kerja dengan Surat Keterangan Kerja agar para pembaca sekalian dapat memahami perbedaan antara kedua surat tersebut. Beberapa hal yang dapat membedakan kedua surat tersebut, misalnya :
  1. Jika pada Surat Pengalaman Kerja lebih diperuntukkan memberikan bukti serta media rekomendasi kepada calon perusahaan yang baru agar pihak perusahaan baru tersebut berkenan mempertimbangkan lamaran kerja si pelamar kerja, maka pada Surat Keterangan Kerja ini lebih condong untuk menerangkan bahwa orang yang bersangkutan sedang dalam periode kerja dan tidak diperkenankan untuk menerima pekerjaan lain di luar perusahaan.
  2. Perbedaan kedua terlihat pada waktu pembuatannya. Surat Pengalaman Kerja dibuat ketika seorang karyawan telah keluar atau mengundurkan diri atau telah mengakhiri masa kerjanya dan ingin melamar kerja kerja di sebuah perusahaan baru. Sedangkan pada Surat Keterangan Kerja justru dibuat ketika seseorang masih dalam masa atau periode kerja di perusahaannya.
Pada intinya, fungsi dari Surat Keterangan Kerja ini adalah sebagai pernyataan bahwa orang yang bersangkutan sedang dalam periode kerja sehingga orang tersebut tidak dapat melaksanakan tugas atau pekerjaan lain yang diberikan oleh pihak lain di luar instansi atau perusahaan tempatnya bekerja. Atau dengan kata lain, surat ini menjadi permohonan izin agar orang yang bersangkutan diperbolehkan untuk tidak melakukan tugas lain yang diberikan.


Berbicara mengenai Surat Keterangan Kerja ini, sesuai informasi yang saya ketahui, ada beberapa poin yang harus menjadi perhatian ketika kita menyusun surat ini, antara lain :
  1. Menuliskan perihal surat(Keterangan Kerja).
  2. Mencantumkan nama atau informasi singkat mengenai siapa yang diterangkan dalam Surat Keterangan Kerja tersebut.
  3. Menjelaskan periode kerja orang yang berangkutan.
  4. Sebutkan juga tujuan disusunnya Surat Keterangan Kerja tersebut di akhir paragraf.
  5. Jangan lupa untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.
Jika hanya membaca teori mengenai teknis pembuatan Surat Keterangan Kerja ini mungkin masih sedikit membingungkan. Oleh karena itu, seperti pada artikel-artikel sebelumnya, saya akan mamberikan beberapa contoh dari Surat Keterangan Kerja ini. Berikut adalah beberapa contohnya :

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah

PT. ORION FURNITURE AND PROPERTY
Jalan Bukit Indah 514, Pati, Jawa Tengah
Telepon : 0295-000-0000, Fax : 0295-000-0000
Web : http://www.orion.com

Nomor : ..... / ..... / ..... / .....
Perihal : Keterangan Kerja
Lampiran : -

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Riyono, M.Eng.
Alamat : Jalan Bukit Indah 123, Pati, Jawa Tengah
Jabatan : Kepala Bagian Personalia PT. Orion Furniture And Property

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Aprilia Dwi Sri Handayani
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 9 Desember 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Nomor KTP : .................

Adalah benar sedang menjadi karyawan di perusahaan kami sejak 1 November 2015 sampai sekarang dengan posisi Staff Administrasi. Demikian keterangan kerja ini kami buat untuk menerangkan bahwa Saudari Aprilia Dwi Sri Handayani untuk sementara ini tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di Universitas Teknologi Yogyakarta sampai berakhirnya masa kerja orang yang bersangkutan pada tanggal 30 November 2015. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Pati, 24 November 2015
PT. Orion Furniture And Property


Joko Riyono, M.Eng.
Kepala Bagian Personalia

Contoh Surat Keterangan Kerja  Bank

PT. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR
Jalan Sunan Gunung Muria 45, Kudus, Jawa Tengah
Telepon : 0295-000-0000, Fax : 0295-000-0000
Web : http://www.maju.com

Nomor : ..... / ..... / ..... / .....
Perihal : Surat Keterangan Kerja
Lampiran : -

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Ridlo F. R., S.E.
Alamat : Jalan Sunan Gunung Muria 17, Kudus, Jawa Tengah
Jabatan : Kepala Bagian Personalia PT. Maju Terus Pantang Mundur

Dengan ini menyatakan bahwa :

Nama : Muhammad Nur Mujiono
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 6 April 1987
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jalan Sunan Kudus 1, Kudus, Jawa Tengah

Saat ini sedang menjalani masa kerja di perusahaan kami dengan menduduki posisi yang sangat penting yaitu Asisten Kepala Bagian Quality Control. Surat ini agar dapat digunakan sebagai rujukan untuk ke Bank dalam pembuatan Rekening. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Kudus, 24 November 2015
PT. Maju Terus Pantang Mundur




Ahmad Ridlo F. R., S.E.

Kepala Bagian Personalia

Setelah membaca dua contoh Surat Keterangan Kerja di atas, coba Anda bandingkan dengan contoh Surat Pengalaman Kerja di bawah ini agar lebih jelas di mana letak perbedaannya dan para pembaca sekalian tidak lagi merasa kebingungan :

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Mendaftar Kerja

PT. BANGUN MANDIRI SEJAHTERA ABADI JAYA
Jalan Mataram 45, Sleman, Yogyakarta
Telepon : 0295-000-0000, Fax : 0295-000-0000
Web : http://www.bmsaj.com

Yogyakarta, 24 November 2015

Nomor : ..... / ..... / ..... / .....
Perihal : Keterangan Kerja
Lampiran : -

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Riyono, S.Kom.
Jabatan : Kepala Bagian Personalia PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Eka Ahmad Feri Setiawan
Tempat, Tanggal Lahir : Rembang, 17 Agustus 1990
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Nomor KTP : .................

Memang benar telah bekerja pada perusahaan kami dengan masa kerja terhitung sejak 1 Januari 2010 sampai dengan 31 Oktober 2015. Dengan posisi jabatan terakhir sebagai Staff Produksi.
Sebagai informasi bahwa selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudara Eka Ahmad Feri Setiawan telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat tinggi. Dan dalam hal ini Saudara Eka Ahmad Feri Setiawan telah mengundurkan diri atas kehendak pribadinya.
Demikian keterangan kerja ini kami sampaikan. Semoga Saudara Eka Ahmad Feri Setiawan dapat menjadi lebih berhasil di masa yang akan datang. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya


Joko Riyono, S.Kom.
Kepala Bagian Personalia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel