Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato

Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato - Ketika kita mendaftar pada sebuah instansi pemerintahan atau instansi pendidikan, terkadang ada beberapa persyaratan fisik yang harus kita penuhi. Salah satunya adalah kita harus membuat pernyataan bahwa kita tidak buta warna, tidak menderita gangguan pendengaran (tuli) serta tidak memiliki tato di badan kita. Persyaratan seperti ini biasanya banyak digunakan ketika kita mendaftar pada sekolah yang berbasis kejuruan (SMK).

Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato
Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato


Persyaratan ini bertujuan untuk menyaring siswa-siswa yang memiliki kecakapan panca indra dan memiliki disiplin yang tinggi karena dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah kejuruan memang dituntut untuk memenuhi hal-hal tersebut. Apalagi biasanya ketika kita lulus dari SMK kita langsung terjun ke dalam dunia kerja. Oleh karena itu kita sudah harus mempersiapkannya sejak di SMK. Materi ini lah yang akan kita angkat menjadi topik pembahasan kita pada artikel kali ini yaitu mengenai bagaimana cara membuat serta Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato.

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas bahwa Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato merupakan suatu surat pernyataan yang dibuat oleh seseorang yang isinya yaitu menyatakan bahwa orang yang bersangkutan tidak memiliki gangguan penglihatan (buta warna), tidak mengalami gangguan pendengaran (tuli), serta tidak memiliki tato di badannya sebagai syarat untuk mendaftar pada suatu instansi pendidikan, pemerintahan atau perusahaan.

Yah, selain untuk mendaftar pada suatu instansi pendidikan, Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato ini juga biasanya dibutuhkan ketika kita melamar suatu pekerjaan pada sebuah perusahaan. Dalam pembuatan Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli dan Tidak Bertato ini tentu saja kita tidak boleh asal. Surat ini harus disertai hasil pemeriksaan oleh seorang dokter yang ahli. Hal ini bertujuan untuk menegaskan atau sebagai bukti otentik bahwa keadaan kita benar-benar seperti apa yang telah diterangkan. Beberapa hal yang harus diperhatika dalam membuat Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli dan Tidak Bertato ini antara lain :

  1. Sesuai dengan hasil pemeriksaan atau tes yang dilakukan oleh seorang dokter ahli. Kita tidak bisa mengira-ngira sendiri bahwa kita tidak buta warna dan tuli melainkan harus melalui serangkaian pengujian atau tes yang dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidang ini (dalam hal ini adalah seorang dokter).
  2. Sertakan juga keterangan hasil pemeriksaan yang telah kita peroleh dari dokter tersebut. Biasanya keterangan hasil pemeriksaan ini masuk dalam dokumen lampiran.
  3. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar. Seperti surat – surat yang lain, dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar maka akan terkesan lebih sopan dan menghormati.
  4. Bubuhkan juga materai bila memang diperlukan untuk lebih meyakinkan.
Untuk lebih jelasnya berikut seperti biasa saya berikan beberapa contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli dan Tidak Bertato sebagai sarana referensi para pembaca sekalian.

Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato buatan Sendiri


SURAT PERNYATAAN
TIDAK BUTA WARNA, TIDAK TULI, TIDAK BERTINDIK DAN TIDAK BERTATO

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Eka Ahmad Feri Setiawan
Tempat, tanggal lahir : Rembang, 17 Agustus 1999
Jenis kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Jalan Gajahmada 123, Lasem, Rembang

Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak buta warna, tidak tuli, tidak bertindik dan tidak bertato sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter yang saya lampirkan. Pernyataan ini saya buat sebagai salah satu syarat untuk mendaftar di SMK N 1 Rembang jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.
Rembang, 06 Februari 2016
Yang membuat pernyataan,


Eka Ahmad Feri Setiawan

Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato dari Rumah Sakit / Puskesmas

SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Nur Mujiono
Tempat, tanggal lahir : Pati, 17 Agustus 1980
Jenis kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati
No. HP : 081234567890
E-mail                      : ahmadnur.mujiono@email.com

Sesuai dengan hasil pemeriksaan Dr. Joko Riyono di Keluarga Sehat Hospital Pati pada 5 Februari 2016 (terlampir) maka dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak menderita gangguan penglihatan (buta warna), tidak menderita gangguan pendengaran (tuli), tidak bertindik dan tidak bertato. Saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku apabila saya dinyatakan diterima sebagai CPNS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pati, 06 Februari 2016
Yang membuat pernyataan,

[materai]

Ahmad Nur Mujiono

Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli, Tidak Bertindik dan Tidak Bertato dari Dokter

SURAT PERNYATAAN
TIDAK BUTA WARNA, TIDAK TULI, TIDAK BERTINDIK DAN TIDAK BERTATO

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Aprilia Dwi Sri Handayani
Tempat, tanggal lahir : Pati, 1 Januari 1990
Jenis kelamin : Perempuan
Pendidikan : S1 Manajemen
Agama : Islam
Alamat : Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati
No. HP : 085678901234
E-mail                      : aprilia.dsh@email.co.id

Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter yang saya sertakan dalam lampiran. Pernyataan ini saya buat sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di PT. Orion Furniture And Property.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kerja sama dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Pati, 06 Februari 2016
Yang membuat pernyataan,

[materai]

Aprilia Dwi Sri Handayani

Demikian beberapa Contoh Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli dan Tidak Bertato yang dapat saya berikan pada artikel kali ini. Semoga contoh – contoh tersebut dapat membantu para pembaca sekalian dalam menyusun Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli dan Tidak Bertato untuk keperluan masing - masing. Apabila maksud dan tujuan para pembaca dalam Surat Pernyataan Tidak Buta Warna, Tidak Tuli dan Tidak Bertato tidak sesuai dengan contoh di atas maka para pembaca dapat menyesuaikannya sendiri dengan keperluan masing – masing. Sekian dan sampai jumpa pada artikel dan pembahasan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel