Contoh Surat Pernyataan Diri, Kesalahan, Sekolah, Perjanjian dan Pertanggung Jawaban Terlengkap

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada para pembaca yang telah dan sedang meluangkan waktunya untuk mengunjungi situs ini. Semoga saya dapat terus memberikan artikel-artikel yang bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Seperti biasanya, kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan yang saya punya kepada para pembaca. Dan materi yang akan kita bahas kali ini juga masih dalam lingkup surat-menyurat.

Pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai Surat Pernyataan. Di mana Surat Pernyataan ini merupakan surat yang dibuat oleh seseorang guna menyatakan atau menerangkan kondisi pribadinya, misalnya menyatakan atau menerangkan bahwa orang yang bersangkutan pernah atau belum pernah melakukan sesuatu.

Biasanya Surat Pernyataan seperti ini dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan atau permintaan dari suatu instansi atau perusahaan, pernyataan dalam hal perjanjian jual-beli, pernyataan dalam urusan utang-piutang, dan masih banyak keperluan lain yang membutuhkan sebuah Surat Pernyataan. Ada juga Surat Pernyataan yang dibuat dengan tujuan menyatakan kesanggupan seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas yang dibebankan oleh perusahaan atau instansi tertentu kepadanya.

Dalam membuat atau menyusun Surat Pernyataan ini, tentu saja seseorang tidak boleh sembarangan. Ada syarat-syarat atau ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah Surat Pernyataan ini, antara lain :

  1. Dalam membuat Surat Pernyataan, seseorang harus menyatakan dengan sejujur-jujurnya mengenai kaeadaannya. Tidak boleh ada unsur kebohongan atau penipuan karena ini menyangkut kepercayaan dari pihak lain.
  2. Suatu pernyataan harus dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tidak boleh dikurang-kurangi apalagi ditambah-tambahi.
  3. Dalam membuat suatu pernyataan harus didasari dengan rasa ikhlas dan tanpa adanya unsur paksaan atau intimidasi dari pihak mana pun.
  4. Orang yang membuat suatu pernyataan harus siap menerima dan menanggung segala konsekuensi apapun terkait dengan pernyataan yang dia keluarkan

Berbicara mengenai Surat Pernyataan, ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari adanya surat tersebut, di antaranya :

  • Manfaat yang dapat diambil oleh penerima yaitu, Surat Pernyataan dapat dijadikan bukti untuk meminta pertanggungjawaban kepada pihak pembuat pernyataan apabila hal-hal yang dinyatakan dalam Surat Pernyataan tersebut terbukti tidak benar atau si pembuat pernyataan melakukan kelalaian dalam melaksanakan tugas yang telah disepakati.
  • Manfaat bagi pembuat pernyataan misalnya, Surat Pernyataan dapat digunakan sebagai media atau alat agar pihak terkait yakin bahwa posisi atau keadaan si pembuat pernyataan memang sesuai dengan apa yang telah diterangkan.
  • Apabila Surat Pernyataan dibuat oleh pihak lain, maka itu akan menguatkan bahwa orang yang dinyatakan dalam surat tersebut memang benar-benar sesuai dengan keadaan yang disebutkan. Ini dapat diibaratkan bahwa orang yang membuat pernyataan itu seperti menjadi saksi bagi orang yang dinyatakan salam Surat Pernyataan tersebut. Misalkan saya ingin menyatakan bahwa saya adalah penduduk asli dari suatu desa, dan saya meminta bantuan kepada kepala desa di daerah tersebut untuk membuat pernyataan yang isinya adalah menerangkan bahwa saya benar-benar penduduk asli desa tersebut, maka pihak lain akan yakin bahwa pernyataan tersebut benar adanya karena yang menyatakan hal tersebut adalah kepala desa, bukan saya sendiri.
Ada beberapa hal penting yang harus dicantumkan dalam sebuah Surat Pernyataan. Namun secara garis besar, terdapat tiga bagian pokok dari sebuah Surat Pernyataan. Tiga bagian pokok tersebut adalah :

  1. Judul surat Biasanya ditulis dengan huruf kapital dan berada pada posisi center. Hal ini bertujuan untuk menerangkan bahwa surat tersebut adalah sebuah Surat Pernyataan.
  2. Isi Isi Surat Pernyataan memuat tentang identitas pembuat pernyataan atau orang yang dinyatakan dalam surat tersebut, serta poin-poin yang menjadi inti dari pernyataannya.
  3. Penutup Penutup berisi tentang penegasan bahwa pernyataan tersebut dibuat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada unsur paksaan. Sertakan juga materai dan stempel bila memang diperlukan untuk lebih meyakinkan.
Setelah berbicara panjang lebar mengenai teori dari sebuah Surat Pernyataan, kini saatnya untuk saya memberikan contoh nyata untuk para pembaca agar lebih mudah memahami dan menerapkan teori-teori yang telah kita bahas di atas.

Contoh Surat Pernyataan Diri tentang Akun Sosial Media

SURAT PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Selamet Riyadi
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 17 Agustus 1980
Jenias Kelamin : Laki-Laki
Alamat : Jalan Ringroad Urata, Jombor, Sleman, Yogyakarta
Pekerjaan : Pedagang tahu bulat

Menyatakan bahwa akun Facebook dengan e-mail okeoke@email.com adalah bukan akun yang saya buat dan saya pergunakan. Dengan demikian, apabila akun tersebut dipergunakan untuk melakukan suatu tindakan atau hal-hal yang bersifat negatif dan merugikan pihak lain dengan mengatasnamakan nama saya, maka itu diluar tanggung jawab saya.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 22 November 2015
Yang membuat pernyataan,

[materai]

Selamet Riyadi

Contoh Surat Pernyataan Kerja

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Eka Ahmad Feri Setiawan
Tempat, Tanggal Lahir : Rembang, 17 Agustus 1990
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Alamat : Jalan Gajahmada 123, Kaliori, Rembang
No. KTP : .................

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa :

1. Hingga saat ini saya belum atau tidak sedang terikat kontrak kerja dengan perusahaan atau instansi manapun.
2. Saya bersedia ditempatkan di cabang perusahaan manapun yang ada di seluruh wilayah Jawa dan Bali.
3. Saya bersedia bekerja dalam kurun waktu yang telah disepakati bersama.
4. Saya tidak akan mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak yang telah disepakati dengan alasan apapun.
5. Saya tidak akan mengambil cuti selama masa tugas berlangsung.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sejujurnya dan tanpa adanya unsur paksaan atau intimidasi dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun. Apabila di kemudian hari nanti saya terbukti melakukan pelanggaran atau terdapat fakta yang tidak sesuai atau bertentangan dengan hal-hal yang telah disebutkan di atas, maka saya bersedia menanggung segala konsekuensi sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Rembang, 22 November 2015
Pembuat pernyataan,

[materai]

Eka Ahmad Feri Setiawan

Contoh Surat Pernyataan Warga Asli

SURAT PERNYATAAN
Nomor : 23/Rgo/2015

Saya yang bertanda tangan di bawah ini selaku Kepala Desa Ronggo, menyatakan bahwa :

Nama : Joko Riyono
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 23 Mei 1994
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Alamat : Jalan Bukit Indah 514, Ronggo, Jaken, Pati
No. KTP : 33180622305940003

Orang tersebut memang benar-benar telah tercatat sebagai penduduk asli Desa Ronggo, Kec. Jaken, Kab. Pati. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Pati, 22 November 2015
Kepala Desa Ronggo,

[materai]

Sugandam, S.Pd.

Contoh Surat Pernyataan Sekolah
Contoh Surat Pernyataan Perjanjian
Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan

Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Contoh Surat Pernyataan Kesalahan
Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan
Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

 Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban
Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian 

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian
Contoh Surat Pernyataan Perjanjian

 Contoh Surat Pernyataan Sekolah

Contoh Surat Pernyataan Sekolah
Contoh Surat Pernyataan Sekolah

 Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan 

Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan
Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel