Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan

Kerja maupun sekolah adalah suatu keharusan. Akan tetapi manusia pastinya akan mengalami sakit sehingga tidak bisa sekolah atau masuk kerja. Dengan demikian, perlu memberitahukan kepada pihak perusahaan atau sekolah tentang kondisi kita tersebut.

Artikel ini akan membahas tentang contoh surat izin sakit. Surat izin sakit disampaikan untuk memberitahukan dan memohon izin karena dalam keadaan sakit. Dalam sebuah instansi, lembaga, perusahaan, sekolah, koperasi dan sebagainya seorang karyawan wajib menuliskan surat izin jika akan melakukan sesuatu. Umumnya, karyawan tidak masuk bekerja karena sakit/urusan keluarga. Surat izin sakit perlu disampaikan agar seorang karyawan tidak dinyatakan mangkir atau meninggalkan pekerjaan tanpa alasan yang jelas.

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan
Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan

Sementara itu, Jika anaknya sakit, orangtua/wali murid juga biasanya memohonkan izin kepada pihak sekolah melalui surat. Surat izin sakit ini perlu disampaikan sesegera mungkin agar lekas diketahui alasan mengapa seorang karyawan atau murid tidak masuk. Ketika Anda hendak membuat surat izin sakit dengan tulisan tangan, gunakanlah bahasa yang jelas dan formal. Adapun format penulisan surat izin sakit dengan tulisan tangan sebagai berikut: 
  1. Tempat, tanggal pembuatan surat
  2. Nama dan alamat yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Isi surat permohonan izin sakit (bagian sampaikan nama, alamat, jabatan, izin sakit berapa hari. Jika seorang siswa surat dibuat oleh orangtua, maka disampaikan juga nama dan kelas anak). 
  5. Penutup
  6. Tanda tangan dan nama terang pembuat surat
Tips: 
Sesuai dengan judul artikel ini adalah surat izin sakit tulisan tangan, maka surat yang Anda buat adalah tulisan tangan. Jika menulis surat langsung tanpa diketik maka pilihlah kertas yang bersih seperti HVS atau kertas dari buku. Hindari kertas berwarna buram. Karena ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau sekolah maka tidak satupun terdapat typo atau kesalahan penulisan. Biasanya, orang latah kalau salah maka hanya dicoret atau dihapus dengan cairan putih (tip-x). Mau tidak mau memang harus mengganti kertas. 

Supaya Anda lebih paham dan jelas bagaimana cara menulis surat izin sakit yang baik, perhatikan contoh surat izin sakit berikut ini:

Contoh Surat Izin Tulis Tangan buatan Sendiri

Malang, 27 Januari 2017

Kepada:

Bapak/Ibu

Kepala Divisi
HRD PT Perkasa

Jl Morangan, Malang, Jawa Timur

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Handy Supriatma
Alamat : Jl Patih, Suka Waringin, Malang
Jabatan : Kepala Marketing

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama 2 hari, terhitung 27 Januari hingga 28 Januari 2018 dikarenakan sakit.

Permohonan ini saya sampaikan karena menurut keterangan dokter saya diharuskan istirahat selama 2 hari. Saya lampirkan surat keterangan dari dokter. Semoga Bapak/Ibu HRD PT Perkasa berkenan memberikan izin dan harap menjadi maklum. Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(ttd)

Handy Supriatma


Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Yang Ditulis Tangan Oleh Orangtua 

                                                                                          Sleman, 18 Februari 2018

Kepada Yth
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII A
SMP Putera Bangsa

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

   Nama   : Frederica Amanda
   Siswa    : Kelas VIIA
   Alamat : Jl Gondang, No 19, Sleman

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat 18 Februari 2018 dikarenakan sakit. Kami berharap Bapak/Ibu Wali Kelas VIIA dapat memberikan izin dan harap menjadi maklum.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin yang diberikan Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

(ttd)

Armand Sugandi

Itulah contoh surat izin sakit tulisan tangan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda saat menuliskan surat izin sakit. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel