Contoh Surat Pemberitahuan Acara 17 Agustus

Contoh Surat Pemberitahuan Acara 17 Agustus - Surat pemberitahuan menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan informasi. Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tak pernah terlewatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Masyarakat pun menyambut HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus pun mengadakan berbagai kegiatan mulai dari kerja bakti, lomba berbagai usia hingga upacara bendera. Berkaitan dengan terlaksananya berbagai kegiatan itu maka surat pemberitahuan acara 17 Agustus menjadi penting.



Surat pemberitahuan ini bisa disampaikan oleh Kepala Dusun, Kepala Komplek, RT, atau organisasi Karang Taruna. Fungsinya untuk menyampaikan kegiatan apa saja yang dilakukan untuk menyambut HUT RI. Umumnya, diselenggarakan lomba-lomba yang melibatkan berbagai kalangan. Selain lomba, surat pemberitahuan juga berkaitan dengan permohonan dana atau iuran yang diperlukan untuk acara peringatan HUT Kemerdekaan RI. 

Surat Pemberitahuan Acara 17 Agustus pun ada beberapa bagian, yakni: 

  1. Kop surat (Merupakan identitas penyelenggara seperti panitia, nama organisasi, alamat jika ada disertai logo resmi)
  2. Daerah dan tanggal pembuatan surat (Misalnya: Magelang, 2 Agustus 2018)
  3. Nomor surat (nomor ini untuk keperluan arsip, yang dituliskan adalah nomor urut surat yang sudah dikeluarkan, kode klasifikasi, bulan, dan tahun surat dikeluarkan)
  4. Penerima surat (Misalnya: Kepada Yth….)
  5. Pembuka, isi, dan penutup. (Bagian isi disampaikan informasi acara 17 Agustus)
  6. Tanda tangan dan nama terang pembuat surat, sekaligus diberi cap organisasi. 
  7. Lampiran (jika rangkaian acara, kepanitiaan, dan anggaran terlalu panjang maka bisa dibuat lampiran tersendiri). 
  8. Tembusan (surat ini juga akan disampaikan kepada pihak lain yang jabatannya lebih tinggi atau pihak lain yang perlu diberitahu akan surat ini)
Berikut adalah contoh membuat surat pemberitahuan acara 17 Agustus oleh panitia HUT Kemerdekaan RI kepada seluruh masyarakat Dusun Jerukagung
PANITIA HUT KE-73 KEMERDEKAAN RI
DUSUN JERUKAGUNG, KELURAHAN JERUKAGUNG
Alamat: Dusun Jerukagung, Srumbung
_______________________________________________________________
Jerukagung, 2 Agustus 2018

Nomor : 02/HUTRI-JRK/08/2018
Perihal : Pemberitahuan acara 17 Agustus

Kepada Yth……….
Di Tempat

Dengan Hormat,
Berdasarkan rapat pada 25 Juli 2018 di Balai Dusun Jerukagung, kami panitia HUT ke-73 Kemerdekaan RI menyepakati hal-hal sebagai berikut:

1. Susunan Panitia Pelaksana HUT Kemerdekaan RI (terlampir)
2. Jadwal acara (terlampir)
3. Besarnya iuran per kepala keluarga Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) yang akan dibayarkan ke bendahara RT masing-masing paling lambat pada 10 Agustus 2018.
4. Anggaran acara 17 Agustus 2018 (terlampir)
5. Masing-masing kepala keluarga wajib memasang bendera Merah-Putih mulai 14 Agustus 2018.

Kami mengharapkan partisipasi dan peran serta seluruh masyarakat Dusun Jerukagung dalam pelaksanaan kegiatan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI demi meningkatkan kerjasama dan rasa kebersamaan. Demikian surat ini kami buat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

                                                             Hormat kami,
           -ttd-                                                                                                           -ttd                                                                                      
  Megantara Surya                                                                              Reynaldis Kusuma
    (Ketua Panitia)                                                                               (Sekretaris)

Lampiran

Lampiran sesuai dengan contoh di atas perlu diberikan serinci mungkin agar masyarakat tahu betul siapa saja yang masuk dalam daftar susunan panitia. Karena dalam contoh surat pemberitahuan acara 17 Agustus di atas tidak disertakan waktu dan tempat kegiatan maka dalam lampiran perlu disampaikan jadwal kegiatan. Rangkaian acara bisa dirinci mulai dari hari/tanggal pelaksanaan, nama kegiatan/lomba, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, keterangan seperti kostum atau apa saja yang perlu dibawa saat kegiatan/lomba. Tempat dan waktu pelaksanaan perlu ditulis dengan rinci mengingat ada acara yang berpindah tempat dan beda-beda waktunya.

Selanjutnya, soal rincian rencana anggaran perlu disampaikan kepada warga dusun supaya tahu betul untuk apa saja uang iuran dikumpulkan dan dimanfaatkan. Warga jadi tahu alasan mengapa harus membayar iuran. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel