Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara

Di zaman serba teknologi ini, pastinya masih ada yang berkenan menulis surat kepada orang yang kita sayangi. Salah satunya adalah saudara. Surat pribadi disampaikan oleh seseorang dan ditujukan kepada perseorangan dan memang bersifat pribadi. Sehingga surat ini masuk dalam kategori tidak resmi.

Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara
Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara

Pada umumnya, surat pribadi ini menggunakan bahasa sehari-hari dan tidak terpatok dengan format-format tertentu seperti instansi atau lembaga. Meski begitu, tetap ada unsur-unsur menulis surat pribadi seperti surat pada umumnya. Dengan demikian, surat pribadi akan nyaman dibaca. Perhatikanlah unsur atau sistematika surat pribadi: 
  1. Tempat, tanggal pembuatan surat (cantumkan di kanan atas)
  2. Tujuan dan alamat yang dituju
  3. Salam pembuka 
  4. Pembuka
  5. Isi surat
  6. Penutup surat
  7. Nama pengirim dan tanda tangan
Dalam bagian isi surat, Anda bisa lebih leluasa menuliskannya. Anda bisa menggunakan kata-kata yang lebih santai. Misalnya, saat menulis pada bagian salam pembuka bisa dituliskan salam sapaan yang akrab. Soal isi tentunya beragam, mulai dari cerita tentang pengalaman, sekadar menyapa, termasuk memberikan informasi terbaru tentang Anda. 

Supaya lebih jelas dan mudah dimengerti, perhatikanlah contoh surat pribadi kepada saudara berikut ini:

Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara / Kakak / Adik Kandung


Magelang, 10 April 2018
Untuk adikku Renata yang ku sayangi
Di Blok P, Batu, Malang
Salam rindu,
Hai Renata, gimana kabarmu? Om sama Tante gimana? Semoga dalam keluarga di Malang dalam keadaan sehat ya. Aku dan keluarga di Magelang baik-baik aja. Wah pasti kamu sekarang makin cantik dan udah punya pacar ya? Aku kepo nih di Instagram. Hahaha. Kenalin dong sama kakakmu ini.
Jangan pacaran terus, inget baru masuk kuliah. Belajar dulu yang rajin, nilai-nilainya yang bagus.
Oh ya Re, aku mau liburan ke Malang bulan Juni nanti. Kira-kira tanggal 24-28 Juni. Mumpung aku dapet cuti dan kerjaan di Malang.
Dua hari pertama aku bakal menginap di hotel. Mumpung dibayarin kantor sih. Sesudahnya, aku pengen banget nginep di rumah Om dan Tante. Kamu libur enggak? Temenin aku selama liburan di Malang ya. Kayaknya ada banyak tempat asik ada Jatim Park 1,2,3, taman bunga, pantai. Siap kan menjelah alam?
Kamu mau oleh-oleh apa dari Magelang? Tenang, aku akan siapkan oleh-oleh yang banyak buat kamu dan keluarga di Malang.
Btw, sampaikan salam rinduku untuk Om dan Tante ya. Aku sangat merindukan mereka. Sekian dulu ya Re, sampai berjumpa di Malang.
Dari saudaramu yang paling ganteng
(ttd)
Rehan Sofyan

Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara Jauh 

Yogyakarta, 21 Maret 2018
Untuk Johan
Di Solo
Salam rindu,
Halo adikku yang baik hati tidak sombong dan suka senyum-senyum sendiri. Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan sehat ya. Puji Tuhan, Kak Indy juga dalam keadaan sehat.
Jo, Kak Indy mau ngajakin liburan ke Lombok besok awal bulan Mei. Kebetulan aku dapat hadiah voucher liburan buat dua orang. Sayang banget kan kalau yang satu enggak dipakai. Rencananya tanggal 4-8 Mei 2018. Kamu mau enggak liburan sama aku?
Jelas mau kan, siapin aja barang-barang dan keperluan liburan. Kamu juga perlu nabung loh. Tenang, enggak perlu khawatir jadi anak ilang. Aku sudah izin Om Wira dan udah diperbolehkan. Kamu bisa atur waktu kuliahmu di Solo ya.
Sekian dulu ya Jo, aku tunggu di Jogja. Terima Kasih.
Kakakmu,
(ttd)
Indy Kartika

Demikian penjelasan dan contoh surat pribadi kepada saudara. Semoga semakin jelas dan memudahkan Anda menulis surat pribadi kepada saudara. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel