Contoh Surat Pribadi Tentang Liburan Kepada Teman, Guru, Saudara

Contoh Surat Pribadi Tentang Liburan - Surat merupakan salah satu media komunikasi tradisional yang sudah terjadi sejak lama. Namun, seiring perkembangan teknologi penggunaan surat mulai ditinggalkan. Hal ini karena orang-orang sudah lebih mudah berkomunikasi dengan handphone, bahkan banyak aplikasi yang sudah semakin mendekatkan yang jauh. 

Meski begitu surat masih tetap ada dan bisa digunakan. Penggunaan surat masih bisa dilakukan pada banyak kesempatan utamanya surat-surat resmi. Pesan-pesan yang sifatnya pribadi sudah mulai tergantikan dengan adanya internet dan handphone. Informasi bisa sampai dalam hitungan detik dan menit tanpa harus menunggu berhari-hari. Surat Pribadi memang jarang ditulis, sehingga masih saja ada yang bingung bagaimana menulis surat pribadi yang baik. Setidaknya kita perlu tahu, bahwa surat memiliki peranan penting pada zaman dahulu. Surat pribadi untuk menyampaikan kabar, informasi terkini, menceritakan pengalaman, termasuk cerita tentang liburan. 

Karena surat pribadi itu informal (tidak resmi), maka diperbolehkan menggunakan dengan bahasa tidak baku. Sehingga boleh menggunakan bahasa sehari-hari. Seperti pada surat umumnya, surat pribadi juga terdiri dari pokok-pokok berikut ini: 

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Nama dan alamat yang dituju
  3. Salam pembuka 
  4. Isi surat
  5. Penutup surat
  6. Nama terang pembuat surat
Pada artikel ini dibahas tentang contoh surat pribadi tentang liburan. Surat pribadi ini berisi tentang cerita liburan, pengalaman saat liburan. Supaya lebih jelas dan tidak bingung saat menulis surat, berikut contoh surat pribadi tentang liburan:

Contoh Surat Pribadi Tentang Pengalaman Liburan

Yogyakarta, 26 Desember 2017

Untuk Sahabatku Renata
di Bandung, Jawa Barat

Salam rindu,
Hallo Re, apa kabar kamu sekarang? Semoga kamu dalam keadaan baik dan sehat ya. Aku di Jogja makin bahagia loh. Kangen banget nih sama kamu.

Sayang banget liburan akhir tahun dan semester ini aku enggak bisa pulang ke Bandung. Keluarga malah datang ke Jogja dan malah liburan di Jogja juga. Eh, baru satu semester tinggal di Jogja tapi aku sudah menjelajah ke banyak tempat loh Re. Liburan semester ini pun daftar tempat wisata yang aku kunjungi bertambah banyak. Lumayanlah kalau ada ortu datang jadi makin ramai.

Btw, pantai-pantai di Jogja keren-keren loh. Ada pantai Indrayanti, Drini, Nglambor, Kukup, Krakal, Baron. Banyak deh, enggak cukup sehari buat mampir-mampir ke pantai-pantai itu. Seru banget deh liburan bareng keluarga di Jogja. Beneran loh kata temen-temen, kalau Jogja itu istimewa.

Bagaimana liburanmu Re? Serukan? Masa seorang Renata hanya berdiam diri di rumah. Pastinya waktu dua hari libur aja bisa buat jalan-jalan. Apalagi libur sebulan. Hahaha. Kamu main ke Jogja aja Re. Gimana kalau liburan semester depan kita liburan bareng di Jogja? Aku siap jadi pemandunya. Kayaknya semester depan aku enggak bisa pulang ke Bandung. Keluarga di Bandung bakal ke Jogja lagi untuk menghadiri acara pernikahan kakak sepupuku. Kamu mau kan liburan ke Jogja? Enggak usah mikir penginapan, nginep aja di kontrakanku. Harus mau dong.

Sekian dulu ya Re, jangan lupa balas surat aku. Aku akan menunggu balasan surat dari kamu.

Dari Sahabatmu Tercantik


(tanda tangan)


Yolanda S

Contoh Surat Tentang Liburan Sekolah

Yogyakarta, 12 Januari 2018

Untuk saudaraku Jeje
Di Malang, Jawa Timur

Salam rindu,
Hai Je, apa kabar kamu? Semoga kamu dalam keadaan sehat dan baik-baik ya. Aku kangen banget sama kamu. Sudah setahun lebih kita tidak bertemu. Pengen banget nih bisa main bareng, kulineran bareng.

Maaf ya, aku belum bisa datang ke Malang. Liburan akhir tahun aku sibuk bantuin acara pernikahan teman aku. Tapi gara-gara acara pernikahan itu aku dikenalin sama temennya. Sekarang aku udah sering telfon dan chatting. Moga aja sih, masa jomblo aku segera berakhir. Ada berkah deh di balik kerepotan saat liburan kemarin.

Gimana liburanmu? masih mikirin skripsi nih? Moga cepet kelar ya Je. Kalau dah kelar kamu kan bisa main-main ke Jogja. Jadi aku enggak perlu main ke Malang. Kamu udah gede juga masa enggak berani main ke Jogja sendiri.

Oke Je, aku tunggu kabar dari kamu ya. Pokoknya aku tunggu kamu bisa liburan ke Jogja. Sekian dulu, ya Je.

Dari Sepupumu yang ganteng


(tanda tangan)


Sam Melvin

Contoh Surat Pribadi Kepada Teman Tentang Liburan Bahasa Inggris


Contoh Surat Pribadi Kepada Teman Tentang Liburan Bahasa Inggris
Contoh Surat Pribadi Kepada Teman Tentang Liburan Bahasa Inggris
Demikian Contoh Surat Tentang Liburan yang bisa kami bagikan. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel