Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Kandung

 Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Kandung - Surat menyurat sudah menjadi bagian dari hidup sejak lama. Seiring perkembangan teknologi bertukar kabar memang lebih mudah dengan bantuan gadget dan internet. Namun, berkirim pesan dengan surat pribadi masih bisa dilakukan bahkan akan lebih mengesankan. Surat menyurat bisa disampaikan dalam waktu satu hingga sepekan dengan bantuan kantor pos. 

Surat pribadi termasuk dalam surat tidak resmi. Surat pribadi merupakan surat yang disampaikan untuk perorangan baik teman, sahabat, saudara, kakak, adik atau orangtua. Karena sifatnya yang pribadi, kita bebas menyampaikan isi hati, kabar, informasi, bahkan cerita. Pada artikel ini akan dibahas tentang surat pribadi untuk kakak kandung. Mungkin saja, kita sudah terpisah jauh dengan kakak entah karena bekerja di luar kota, sudah menikah. Bisa jadi malah kita sendiri yang sedang berada di daerah pelosok sehingga perlu menyampaikan informasi atau kabar untuk orang yang kita sayangi. 

Surat pribadi menjadi salah satu obat rindu atau jadi kejutan. Mengingat hanya sedikit orang yang saat ini meluangkan waktu menulis surat pribadi dan mengirimkan untuk orang lain. Kalau di daerah terpencil yang sulit internet atau tidak terjangkau saluran telepon, surat masih bisa disampaikan. Surat tentu akan sangat membantu menyampaikan kabar atau informasi. 

Surat pribadi tidak perlu mencantumkan nomor surat, perihal, bahkan materai. Meski termasuk surat tidak resmi, penulisan surat pribadi tetap perlu memperhatikan struktur penulisan surat pada umumnya, yakni nama dan alamat yang dituju, salam pembuka, isi surat, penutup, dan tanda tangan. Surat pribadi tidak diharuskan menggunakan bahasa yang formal, kecuali dengan orangtua tentu pilihlah kata-kata yang sopan. Saat menuliskan surat pribadi untuk kakak kandung, Anda bisa sedikit bertele-tele. 

Bisa jadi Anda jarang atau malah mungkin belum pernah menulis surat pribadi untuk kakak kandung. Pada kesempatan ini akan disampaikan contoh surat pribadi untuk kakak kandung. Simak contoh berikut ini: 

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak / Saudara yang Jauh


Yogyakarta, 18 April 2018
Untuk Kakakku Tersayang
di Surabaya, Jawa Timur

Salam rindu,
Hai kak, bagaimana dengan kabarmu? Semoga Kak Intan dalam keadaan sehat dan baik ya. Aku di Jogja juga sehat kok, makin ramping loh. Kakak pasti sedang sibuk kerja dan sangat lelah karena harus mengurus ponakanku yang lucu.

Oh ya kak, lewat surat ini aku ingin mengucapkan selamat ulang tahun ke-32 untuk kakakku tersayang. Semoga dengan bertambahnya usia, kakak semakin menjadi perempuan yang kuat, bisa menjadi istri yang baik untuk Kak Ivan. Semakin matang usia kakak menjaga dan mengasuh Sonya. Aku selalu mendoakan kakak dalam keadaan sehat dan dilindungi Tuhan. Pastinya, jangan sampai lelah dan bagi-bagi waktu buat kerja, mengurus Kak Ivan dan Sonya. Aku yakin, Kak Intan bisa jadi inspirasi buat aku kelak saat sudah berkeluarga.

Bersamaan dengan surat ini, aku juga mengirimkan kado spesial buat kakak. Maaf ya baru bisa kasih kayak gini, maklumlah kantong karyawan baru. Semoga kado ini berguna buat kak Intan ya. Sampaikan salamku untuk Kak Ivan dan Sonya. Aku sangat merindukan mereka. Segeralah pulang ke Yogyakarta. Kita bisa liburan bersama ke pantai. Bapak dan Ibu juga udah pengen banget loh liburan bareng.

Sekian dulu ya kak, lain waktu disambung lagi. Semoga Tuhan selalu memberkatimu dan keluarga.

dari adikmu tercantik

(tanda tangan)

Reynaldis Mutia

Contoh Surat Pribadi Untuk Saudara

Magelang, 6 April 2018
Untuk Kak Johan
di Lombok

Salam kangen,
Hai Kak Jo, apa kabar? Semoga Kak Jo selalu dalam lindungan Tuhan. Udah setahun kakak tinggal di Lombok, pastinya aku kangen bangetlah sama kakak. Bapak-Ibu juga kangen loh. Kamu sih jarang banget kasih kabar.

Aku kirim surat ini mau kasih tahu kalau Lebaran besok aku mau dilamar Andika. Kalau bisa Kak Johan pulang ke Magelang ya. Tepatnya sih waktu tanggal 19 Juni. Sayang banget kan kalau kakak enggak bisa kumpul bareng. Enggak sayang keluarga dong. Doain juga kak, biar persiapannya lancar.

Kalau pulang ke Magelang, jangan lupa bawa oleh-oleh yang banyak ya. Kan uangnya udah banyak juga. hehehe… Sekian dulu ya kak, aku tunggu kepulanganmu. Awas kalau sampai enggak mudik.

dari adikmu

(tanda tangan)

Citra Atika

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Kandung Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Kandung Bahasa Inggris
Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Kandung Bahasa Inggris

Itulah penjelasan dan contoh surat pribadi untuk kakak kandung. Semoga bisa memudahkan Anda saat menulis surat pribadi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel